Saturday, April 23, 2016

Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Heads Together dengan Model Think Pair Share terhadap Prestasi Belajar Matematika



ABSTRAK

Kata Kunci : keefektifan, Model Pembelajaran NHT, Model TPS, prestasi belajar matematika

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) ada perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan model  pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) dengan model TPS (Think Pair Share). (2) model  pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) lebih efektif dari model TPS (Think Pair Share) terhadap prestasi belajar matematika peserta didik.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di salah satu SMP Negeri di kota Tegal. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 96 peserta didik  yang terdiri dari 3 kelompok yaitu kelas eksperimen 1, kelas eksperimen 2, kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes prestasi belajar matematika dengan taraf signifikansi sebesar 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) dengan model TPS (Think Pair Share). (2) model  pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) lebih efektif dari model TPS (Think Pair Share).

Sumber :
NINGSIH, ANGGI RESTU. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) dengan Model TPS (Think Pair Share) terhadap Prestasi Belajar Matematika