ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui : (1) ada perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik
yang diajar dengan menggunakan model
pembelajaran NHT (Numbered Heads
Together) dengan model TPS (Think Pair Share). (2) model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) lebih efektif dari model TPS (Think Pair Share) terhadap prestasi
belajar matematika peserta didik.
Populasi dalam penelitian ini
adalah peserta didik kelas VII di salah satu SMP
Negeri di kota Tegal. Pengambilan sampel menggunakan
teknik cluster random sampling.
Sampel yang diambil sebanyak 96 peserta didik
yang terdiri dari 3 kelompok yaitu kelas eksperimen 1, kelas eksperimen
2, kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan
dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes prestasi belajar matematika dengan
taraf signifikansi sebesar 5%.
Hasil penelitian menunjukkan
bahwa : (1) ada perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang
diajar menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered
Heads Together) dengan model TPS (Think
Pair Share). (2) model pembelajaran
NHT (Numbered Heads Together) lebih
efektif dari model TPS (Think Pair Share).
Sumber :
NINGSIH,
ANGGI RESTU.
2015. Keefektifan Model Pembelajaran NHT (Numbered
Heads Together) dengan Model TPS
(Think Pair Share) terhadap Prestasi
Belajar Matematika