Friday, July 8, 2016

Kompetensi Personal Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Sikap Percaya Diri Siswa



ABSTRAK


Katakunci : kompetensi personal dan sikap percaya diri.

Rumusan masalah penelitian ini (1)bagaimanakah kompetensi personal guru PKn, (2) bagaimanakah sikap percaya diri siswa, (3) apakah kompetensi personal guru Pendidikan Kewarganegaraan  dapat membentuk  sikap percaya diri siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal  Tahun Pelajaran 2014/2015?.     Tujuan dalam penelitian ini (1) untuk mengetahui kompetensi personal guru PKn, (2) untuk mengetahui sikap percaya diri siswa, (3) untuk menganalisis kompetensi personal guru Pendidikan Kewarganegaraan  dalam pembentukan  sikap percaya diri siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal  Tahun Pelajaran 2014/2015. 
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal.  Responden (informan) adalah guru PKn dan siswa kelas VIII sebayak 9 (sembilan) siswa. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tiga komponen analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Penyajian data, setelah data diorganisasikan, selanjutnya data disajikan dalam uraian-uraian naratif.
         Hasil penelitian,  kompetensi pribadi guru PKn meliputi kemampuan dalam memahami diri, mengelola diri, mengendalikan diri dan menghargai diri. Indikator mantap (stabil), dewasa, beraklak mulia, arif bijaksana, berwibawa, berperilaku teladan, bertindak sesuai norma religius, jujur, ikhlas, dan suka menolong. Kompetensi guru yang paling sedikit setiap guru tak terkecuali Guru PKn memiliki kemampuan (1) menguasai bahan atau materi ajar khususnya mata pelajaran PKn, (2)  mengelola program belajar mengajar khususnya mata pelajaran PKn, (3) mengelola kelas, (4) menggunakan media atau sumber khususnya mata pelajaran PKn, (5) menilai prestasi siswa untuk kepentingan pengajaran,  mata pelajaran PKn dan (6) memahami prinsip-prinsip dan menafsirkan hasil-hasil penelitian pendidikanguna keperluan pengajaran di sekolah.
Rasa percaya diri siswa dengan indikator, dapat dibentuk, afektif, kognitif, konatif, memiliki sikap positif dalam pembelajaran, memiliki sikap terhadap norma, antusias, percaya diri, pengembangan potensi diri, dan optimis.  Rasa percaya diri siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal belum seluruhnya memiliki kesadaran dalam melakukan suatu hal, diketahui dengan rasa keyakinan atas kemampuan yang dimiliki terhadap dirinya, masif bersifat layaknya remaja, belum berpikir tentang tujuan hidup. Hal ini wajar karena pada tingkat usia yang remaja masih memerlukan pembinaan yang intensif. Ada kecenderungan guru PKn mampu melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan indikator-indikator tersebut dalam membentuk  sikap percaya diri siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal  Tahun Pelajaran 2014/2015.



Sumber :
WASKITO, BAYU.2015. Kompetensi Personal Guru Pendidikan Kewarganegaraan  dalam Pembentukan  Sikap Percaya Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal  Tahun Pelajaran 2014/2015”.Skripsi.Pendidikan Pancasila dan Kewargaan Negara.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. 
Pembimbing 1.Drs.Subiyanto, M.Pd
                   2.Wahyu Jati Kusuma, S.H.,M.Hum.