a.
Faktor Intern
1.
Faktor Jasmaniah
Keadaan
fisik seseorang berpengaruh besar terhadap keberhasilan proses belajar
mengajar. Seseorang yang mengalami kelainan fisik akan terganggu dalam menerima
materi pelajaran. Kesehatan fisik meliputi, kesehatan kelima panca indera dan
kesehatan tubuh secara keseluruhan.
2.
Faktor Psikologis
Faktor
psiskis yanga dimaksud adalah faktor yang berhubungan proses belajar mengajar.
Faktor psikologis di sini juga termasuk perspektif siswa terhadap guru yang
mengampu mata pelajaran. Apabila sejak awal, siswa sudah merasa tidak nyaman
diajar oleh salah seorang guru maka akanberdampak pada. Seorang guru hendaknya
senantiasa bersikap yang menarik agar siswa merasa dekat dan nyaman dalam melakukan pembelajaran.
3.
Faktor Kelelahan
Kondisi fisik yang dalam keadaan tidak
sehat apabila dipaksakan untuk mengikuti pelajaran maka hasil yang dicapaitidak
akan optimal. Proses belajar tidak boleh dipaksakan apabila melihat ada kondisi
siswa yang tidak dalam keadaan sehat maka dianjurkan untuk tidak mengikuti
pelajaran. Faktor kelelahan juga termasuk kelelahan psikis, seseorang yang
dalam keadaan banyak masalah sedangkan masalah itu belum ditemukan jalan
keluarnya maka seseorang itu tidak akan bisa berkonsentrasi secara penuh dalam
belajar, pelajaran yang diterimannya tidak dapat masuk dan tidak dapat dipahami
oleh siswa yang bersangkutan.
b.
Faktor Ekstern
1.
Faktor Keluarga
Faktor
keluarga memegang peranan yang penting dalam keberhasilan suatu proses belajar
mengajar, adapun peranan keluarga yang berpengaruh terhadap proses belajar
mengajar diantaranya adalah sebagai berikut:
a) Cara Mendidik
Pendidikan yang pertama kali diterima
anak adalah pendidikan yang diterima dalam lingkungan keluarganya. Apabila di
dalam suatu keluarga sejak anak masih kecil sudah ditanamkan tentang
kedisiplinan terutama kedisiplinan dalam belajar maka pada perkembangan
berikutnya akan membawa dampak positip bagi anak yang dapat berupa keberhasilan
dalam bidang akademik
b) Pengertian Orang Tua
Pengertian
orang tua yang dimaksud adalah kesadaran yang dimiliki oleh orang tua untuk
menyediakan sarana-sarana penunjang belajar yang dapat berupa dengan membelikan
buku-buku pelajaran.
c) Suasana Rumah
Suasana
rumah yang tenang jauh dari keramaian akan berdampak positip pada kenyamanan
anak dalam belajar. Di harapkan dengan kondisi rumah yang tenang proses belajar
anak akan lebih optimal dan materi yang sedang dipelajari akan bisa dipahami
dengan baik.
d) Keadaan Ekonomi
Faktor
ekonomi keluarga sangat penting dalam menentukan kelancaran belajar seseorang.
Seseorang yang dalam kondisi ekonomi keluarga yang serba kekurangan maka dalam
pendidikan anak-anaknya akan mengalami banyak kendala terutama dalam segi
pembiayaan dan pembelian buku-buku pelajaran. Waktu yang tersedia untuk belajar
biasanya akan dipergunakan untuk membantu orang tuanya dalam mencari nafkah.
2.
Faktor Sekolah
a)
Hubungan Guru Dengan Siswa
Hubungan
guru yang terlalu dekat dengan siswa adalah tidak baik, karena ada
kecenderungan siswa akan menyepelekan pelajaran. Siswa menganggap gurunnya
adalah teman dekatnya dan tidak ada perbedaan. Namun hubungan yang terlalu jauh
antara siswa dengan gurunya juga tidak baik, dikawatirkan ada keengganan siswa
untuk menanyakan hal-hal yang belum jelas. Seorang guru harus bisa menjalin
kedekatan dengan siswa dalam proses belajar mengajar tanpa harus kehilangan
kedudukannya sebagai guru yang harus dihormati oleh siswa. Penguasaan materi
yang mumpuni akan membantu guru terutama dalam hubungannya dengan sikap
menghormati oleh siswa.
b) Metode Mengajar
Metode
mengajar yang monoton akan membosankan bagi siswa. Seorang guru hendaknya tidak
menggunakan satu metode pembelajaran saja, banyak metode yang tersedia yang
dapat digunakan oleh guru dalam melakukan pembelajaran di kelas.
c) Media Mengajar
Media
mengajar merupakan alat Bantu untuk mempermudah penerimaan siswa terhadap
materi pelajaran yang sedang diajarkannya. Penyampaian materi dengan
menggunakan media akan lebih menarik sehingga siswa akan menaruh minat yang
besar terhadap mata pelajaran yang sedang diajarkannya. Dalam melakukan
pembelajaran kewarganegaraan biasannya media yang digunakan adalah media OHP,
peta, filem, dan gambar
d)
Kurikulum
Kurikulum merupakan
bahan pelajaran agar siswa menerima, menguasai dan mengembangkan bahan
pelajaran itu, adapun kurikulum yang tidak baik adalah kurikulum yang terlalu
padat dan diatas kemampuan siswa serta tidak sesuai dengan bakat siswa dan
perhatian siswa hal tersebut beban siswa semakin berat. Apalagi kurikulum
sekarang belum dapat memberikan pedoman perencanaan yang demikian.
3.
Faktor masyarakat
Masyarakat mempunyai pengaruh yang
besar dalam menentukan keberhasilan proses belajar mengajar. Di dalam
masyarakat anak bergaul dengan banyak orang. Dalam pergaulannya seorang anak
akan mencontoh apa yang diperlihatkan oleh lingkungan tempat tinggalnya.
Seorang anak yang dilahirkan dalam lingkungan masyarakatnya gemar membaca maka
lambat laun si anak akan terbawa kebiasaan lingkungannya yang gemar membaca.
Ali Muhamad. 2008. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar.
Sinar Baru Algesindo. Bandung.
Dimyati dan
Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran.
Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 2003. Belajar
dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.