ABSTRAK
Kata Kunci: Efektifitas, bimbingan kelompok, teknik role playing, dan kemampuan penyesuaian diri.
Penelitian ini
dilatarbelakangi adanya peserta didik yang memiliki masalah tentang penyesuaian
diri yaitu merasa kurang mampu menyesuaikan diri karena belum dapat beradaptasi
dengan lingkungan barunya.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing pada peserta didik,
2) kemampuan penyesuaian diri sebelum dan setelah layanan
bimbingan kelompok dengan teknik role playing pada peserta didik,
dan 3) efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik role
playing untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri pada peserta didik kelas
X Akuntansi SMK N 1 Sragi Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran
2015/2016.
Penelitian ini bersifat populasi sebesar 15
peserta didik. Data dikumpulkan menggunakan angket, wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Uji validitas digunakan rumus korelasi product moment,
sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus rumus belah dua dari Spearman Brown,
kemudian dianalisis dengan deskriptif prosentase dan statistik post-test and
pre-test one group.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan
layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing pada peserta didik
dalam kategori tinggi, terlihat dari frekuensi tertinggi skor angket pada
interval 81-86 sebanyak 6 peserta didik (40,00%) dalam kategori tinggi. 2) Kemampuan
penyesuaian diri di lingkungan sekolah pre-test
mayoritas kategori sangat rendah, terlihat dari frekuensi tertinggi skor
angket pada interval 70-74 (33,33%). Sedangkan kemampuan
penyesuaian diri di lingkungan sekolah pre-test
mayoritas kategori tinggi, terlihat dari frekuensi tertinggi skor angket
pada interval 85-89 (40,00%). 3) Layanan bimbingan dan konseling
dengan teknik role playing efektif untuk
meningkatkan kemampuan penyesuaian diri di lingkungan sekolah pada peserta
didik kelas X Akuntansi SMK N 1 Sragi Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2015/2016. Terlihat
dari hasil perhitungan, diperoleh thitung = 3,155 lebih besar dari ttabel
= 2,145.
Saran yang dapat disampaikan diharapkan sekolah
selalu mengevaluasi pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah dan
memasukan teknik role playing di
sekolah dan diharapkan guru pembimbing dapat mempertahankan pelaksanaan layanan
tersebut untuk menangani masalah peserta didik, khususnya perilaku tidak dapat
menyesuaikan diri.
Sumber :
FATONAH, SITI.
2016. “Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role
Playing untuk Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri di Lingkungan Sekolah
pada Peserta Didik Kelas X Akuntansi SMK N 1 Sragi Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran
2015/2016”. Skripsi.
Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Pancasakti Tegal.
Pembimbing I: Drs. Sukoco, K.W., M.Pd.
Pembimbing II: Dr.
Maufur, M.Pd.
No comments:
Post a Comment