Friday, July 29, 2016

Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri


ABSTRAK
Kata Kunci: Efektifitas, bimbingan kelompok, teknik role playing, dan kemampuan penyesuaian diri.

 
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik yang memiliki masalah tentang penyesuaian diri yaitu merasa kurang mampu menyesuaikan diri karena belum dapat beradaptasi dengan lingkungan barunya.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing pada peserta didik, 2) kemampuan penyesuaian diri sebelum dan setelah layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing pada peserta didik, dan 3) efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri pada peserta didik kelas X Akuntansi SMK N 1 Sragi Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini bersifat populasi sebesar 15 peserta didik. Data dikumpulkan menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas digunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus rumus belah dua dari Spearman Brown, kemudian dianalisis dengan deskriptif prosentase dan statistik post-test and pre-test one group.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing pada peserta didik dalam kategori tinggi, terlihat dari frekuensi tertinggi skor angket pada interval 81-86 sebanyak 6 peserta didik (40,00%) dalam kategori tinggi. 2) Kemampuan penyesuaian diri di lingkungan sekolah pre-test mayoritas kategori sangat rendah, terlihat dari frekuensi tertinggi skor angket pada interval 70-74 (33,33%). Sedangkan kemampuan penyesuaian diri di lingkungan sekolah pre-test mayoritas kategori tinggi, terlihat dari frekuensi tertinggi skor angket pada interval 85-89 (40,00%). 3) Layanan bimbingan dan konseling dengan teknik role playing efektif untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri di lingkungan sekolah pada peserta didik kelas X Akuntansi SMK N 1 Sragi Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2015/2016. Terlihat dari hasil perhitungan, diperoleh thitung = 3,155 lebih besar dari ttabel = 2,145.
Saran yang dapat disampaikan diharapkan sekolah selalu mengevaluasi pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah dan memasukan teknik role playing di sekolah dan diharapkan guru pembimbing dapat mempertahankan pelaksanaan layanan tersebut untuk menangani masalah peserta didik, khususnya perilaku tidak dapat menyesuaikan diri.

Sumber :


FATONAH, SITI. 2016. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri di Lingkungan Sekolah pada Peserta Didik Kelas X Akuntansi SMK N 1 Sragi Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2015/2016”. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. 
Pembimbing I: Drs. Sukoco, K.W., M.Pd. 
Pembimbing II: Dr. Maufur, M.Pd.


No comments:

Post a Comment