Friday, August 5, 2016

Kontribusi Kecerdasan Intelegensi, Minat dan Status Sosial Ekonomi terhadap Prestasi Belajar Matematika



ABSTRAK

Kata Kunci
Kecerdasan Intelegensi, Minat, Status Sosial Ekonomi, Prestasi.

Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik ada dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kecerdasan intelegensi, minat, dan sebagainya. Sedangkan faktor eksternal meliputi keadaan status sosial ekonomi, lingkungan keluarga, dan sebagainya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan besarnya :(1) Kontribusi kecerdasan intelegensi terhadap prestasi belajar matematika kelas X SMA se-Kecamatan Randudongkal, (2) Kontribusi minat belajar terhadap prestasi belajar matematika kelas X SMA se-Kecamatan Randudongkal, (3) Kontribusi status sosial ekonomi terhadap prestasi belajar matematika kelas X SMA se-Kecamatan Randudongkal, (4) Kontribusi kecerdasan intelegensi, minat belajar dan status sosial ekonomi terhadap prestasi belajar matematika kelas X SMA se-Kecamatan Randudongkal.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA se-Kecamatan Randudongkal, yang terdiri dari dua sekolah yaitu SMA Negeri 1 Randudongkal dengan 331 peserta didik yang terbagi dalam 10 kelas dan SMA PGRI 3 Randudongkal dengan 103 peserta didik yang terbagi dalam 3 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional  random sampling. Dalam penelitian ini mengambil sampel sebanyak 195 peserta didik yang diambil dari 13 kelas sesuai dengan proporsinya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan angket. Teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh hasil tes IQ dan prestasi belajar peserta didik, Sedangkan angket digunakan untuk memperoleh data tentang minat dan status sosial ekonomi peserta didik.  Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Sebelumnya data diuji dengan uji Liliefors untuk mengetahui normalitas data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kontribusi kecerdasan intelegensi terhadap prestasi belajar matematika kelas X SMA se-Kecamatan Randudongkal sebesar 58,4%, (2) Kontribusi minat belajar terhadap prestasi belajar matematika kelas X SMA se-Kecamatan Randudongkal sebesar 20,8%, (3) Kontribusi status sosial ekonomi  terhadap prestasi belajar matematika kelas X SMA se-Kecamatan Randudongkal sebesar 13,1%,  (4) Kontribusi kecerdasan intelegensi, minat belajar dan status sosial ekonomi terhadap prestasi belajar matematika kelas X SMA se-Kecamatan Randudongkal sebesar 51,8%.


Sumber :
Yuliasih, Eka. 2013. Kontribusi Kecerdasan Intelegensi, Minat dan Status Sosial Ekonomi terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian Pada Peserta Didik Kelas X SMA se-Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi. Pendidikan Matematika. 
Dosen Pembimbing 1 : A Nina Rosana Chytrasari, M. Si.
                                2.   Hj. Isnani, M.Si. 



No comments:

Post a Comment