ABSTRAK
Kata Kunci
Kecerdasan
Intelegensi, Minat, Status Sosial Ekonomi,
Prestasi.
Faktor
yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik ada dua yaitu faktor internal
dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kecerdasan intelegensi, minat,
dan sebagainya. Sedangkan faktor eksternal meliputi keadaan status sosial
ekonomi, lingkungan keluarga, dan sebagainya. Oleh karena itu penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan
besarnya :(1) Kontribusi
kecerdasan intelegensi terhadap prestasi belajar matematika kelas X SMA
se-Kecamatan Randudongkal, (2) Kontribusi
minat belajar terhadap prestasi belajar matematika kelas X SMA se-Kecamatan
Randudongkal, (3) Kontribusi status sosial
ekonomi terhadap prestasi belajar matematika kelas X SMA se-Kecamatan
Randudongkal, (4) Kontribusi kecerdasan
intelegensi, minat belajar dan status sosial ekonomi terhadap prestasi belajar
matematika kelas X SMA se-Kecamatan Randudongkal.
Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA se-Kecamatan
Randudongkal, yang terdiri dari dua sekolah yaitu SMA Negeri 1 Randudongkal
dengan 331 peserta didik yang terbagi dalam 10 kelas dan SMA PGRI 3
Randudongkal dengan 103 peserta didik yang terbagi dalam 3 kelas. Pengambilan
sampel menggunakan teknik proporsional random
sampling. Dalam penelitian ini mengambil
sampel sebanyak 195 peserta didik yang diambil dari 13 kelas sesuai
dengan proporsinya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik
dokumentasi dan angket.
Teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh hasil tes IQ dan prestasi belajar
peserta didik, Sedangkan angket digunakan untuk memperoleh data tentang minat
dan status sosial ekonomi peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Sebelumnya data diuji
dengan uji Liliefors untuk mengetahui normalitas data.
Hasil penelitian menunjukkan
bahwa : (1) Kontribusi kecerdasan intelegensi
terhadap prestasi belajar matematika kelas X SMA se-Kecamatan Randudongkal
sebesar 58,4%, (2) Kontribusi minat belajar terhadap prestasi belajar
matematika kelas X SMA se-Kecamatan Randudongkal sebesar 20,8%, (3) Kontribusi status sosial ekonomi terhadap prestasi belajar matematika kelas X
SMA se-Kecamatan Randudongkal sebesar 13,1%,
(4) Kontribusi kecerdasan intelegensi,
minat belajar dan status sosial ekonomi terhadap prestasi belajar matematika
kelas X SMA se-Kecamatan Randudongkal sebesar 51,8%.
Sumber :
Yuliasih, Eka. 2013. Kontribusi Kecerdasan Intelegensi,
Minat dan Status Sosial Ekonomi terhadap
Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian Pada
Peserta Didik Kelas X SMA se-Kecamatan Randudongkal
Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi. Pendidikan Matematika.
Dosen Pembimbing 1 : A Nina Rosana
Chytrasari, M. Si.
2. Hj. Isnani, M.Si.
No comments:
Post a Comment