ABSTRAK
Kata Kunci: Efektifitas, bimbingan kelompok, teknik problem solving, perilaku agresif secara
verbal.
Penelitian ini dilatarbelakangi terdapat peserta
didik yang berperilaku agresif secara verbal di lingkungan sekolah. Mereka
mempunyai perilaku agresif secara verbal karena mereka ingin diperhatikan
teman-teman dan menjadi ketua genk di masing-masing kelas, dan setiap kelas
biasanya membentuk genk masing-masing.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) layanan
bimbingan kelompok dengan teknik problem solving pada peserta didik, 2) perilaku
agresif secara verbal sebelum dan setelah diberi layanan bimbingan kelompok
dengan teknik problem solving pada peserta didik, dan 3) efektifitas
layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk
mengurangi perilaku agresif secara verbal pada peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian populasi
dengan populasi sebesar 15 peserta didik. Data dikumpulkan menggunakan angket,
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas digunakan rumus korelasi
product moment dari Pearson sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus
rumus belah dua dari Spearman Brown, kemudian dianalisis dengan deskriptif
prosentase dan statistik Uji-t (post-test and pre-test one group).
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Layanan
bimbingan kelompok dengan teknik problem solving pada peserta didik secara umum dalam kategori tinggi (40,00%) pada interval skor 90-92. 2) Perilaku agresif secara
verbal sebelum pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving mayoritas dalam kategori sedang (60,00%) pada interval skor 68-74.
Sedangkan perilaku agresif secara verbal setelah pelaksanaan layanan bimbingan
kelompok dengan teknik problem solving mayoritas dalam kategori sangat rendah (49,67%) pada interval skor 82-88. 3) Layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem
solving efektif mengurangi perilaku agresif secara verbal pada peserta
didik, terlihat dari hasil analisis statistik Uji-t diperoleh thitung
= 2,820 lebih besar dari ttabel = 2,145.
Saran yang dapat disampaikan diharapkan sekolah
selalu mengevaluasi pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah dan
memasukan teknik problem solving
dalam layanan bimbingan dan konseling di sekolah dan diharapkan guru pembimbing
dapat mempertahankan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem
solving untuk menangani masalah peserta didik, khususnya dalam hal ini
perilaku agresif secara verbal.
Sumber :
AGUSTINA, LIA
PRADITA. 2016. “Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem
Solving untuk Mengurangi Perilaku Agresif Secara Verbal pada Peserta Didik
Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran
2015/2016”. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I: Dr. Suriswo, M.Pd.
Pembimbing II: Dr. Maufur, M.Pd.
No comments:
Post a Comment