Friday, April 8, 2016

Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving untuk Mengurangi Perilaku Agresif Secara Verbal pada Peserta Didik



ABSTRAK

Kata Kunci:  Efektifitas, bimbingan kelompok, teknik problem solving, perilaku agresif secara verbal.

Penelitian ini dilatarbelakangi terdapat peserta didik yang berperilaku agresif secara verbal di lingkungan sekolah. Mereka mempunyai perilaku agresif secara verbal karena mereka ingin diperhatikan teman-teman dan menjadi ketua genk di masing-masing kelas, dan setiap kelas biasanya membentuk genk masing-masing.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving pada peserta didik, 2) perilaku agresif secara verbal sebelum dan setelah diberi layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving pada peserta didik, dan 3) efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk mengurangi perilaku agresif secara verbal pada peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan populasi sebesar 15 peserta didik. Data dikumpulkan menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas digunakan rumus korelasi product moment dari Pearson sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus rumus belah dua dari Spearman Brown, kemudian dianalisis dengan deskriptif prosentase dan statistik Uji-t (post-test and pre-test one group).
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving pada peserta didik secara umum dalam kategori tinggi (40,00%) pada interval skor 90-92. 2) Perilaku agresif secara verbal sebelum pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving mayoritas dalam kategori sedang (60,00%) pada interval skor 68-74. Sedangkan perilaku agresif secara verbal setelah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving mayoritas dalam kategori sangat rendah (49,67%) pada interval skor 82-88. 3) Layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving efektif mengurangi perilaku agresif secara verbal pada peserta didik, terlihat dari hasil analisis statistik Uji-t diperoleh thitung = 2,820 lebih besar dari ttabel = 2,145.
Saran yang dapat disampaikan diharapkan sekolah selalu mengevaluasi pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah dan memasukan teknik problem solving dalam layanan bimbingan dan konseling di sekolah dan diharapkan guru pembimbing dapat mempertahankan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk menangani masalah peserta didik, khususnya dalam hal ini perilaku agresif secara verbal.


Sumber :
              AGUSTINA, LIA PRADITA. 2016. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving untuk Mengurangi Perilaku Agresif Secara Verbal pada Peserta Didik Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2015/2016”. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I: Dr. Suriswo, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Maufur, M.Pd.


 



No comments:

Post a Comment