Friday, August 5, 2016

Keefektifan Model Pembelajaran Model Treffinger Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika


ABSTRAK
Kata Kunci :  Keefektifan, Model Treffinger, Motivasi, Prestasi Belajar  Matematika

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan 1) Motivasi siswa saat menerima pelajaran yang diajar menggunakan metode pembelajaran treffinger lebih efektif dari pada siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional. 2) Prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran treffinger lebih efektif dari pada siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional 3) Ada perbedaan motivasi dan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran treffinger dengan siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran. 4) Motivasi dan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran treffinger lebih efektif dari pada siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional materi pokok segiempat pada siswa SMP Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VII di SMP. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, yakni dengan memilih dua kelas eksperimen dan dua kelas kontrol. Variabel dalam penelitian ini adalah motivasi dan prestasi belajar matematika sebagai akibat dari pembelajaran dengan dan tanpa menggunakan model Treffinger. Pengambilan data dengan angket, dan metode tes. Dan pengolahan data menggunakan uji t satu pihak kanan dan manova-one way, Hotteling dimana sebelumnya dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu normalitas dan homogenitas
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Metode pembelajaran treffinger efektif meningkatkan motivasi siswa saat menerima pelajaran materi pokok segiempat. 2) Metode pembelajaran treffinger efektif meningkatkan prestasi siswa saat menerima pelajaran materi pokok segiempat 3) Ada perbedaan motivasi dan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran treffinger dengan siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional 4) Motivasi dan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran treffinger lebih efektif dari pada siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional untuk materi pokok segiempat pada siswa kelas VII SMP.
 

Sumber :
NURYANTI, EVI. “Keefektifan Model Pembelajaran Model Treffinger Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian Siswa Pada Materi Pokok Segiempat Kelas VII SMP Negeri 1 Pagerbarang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan. Universitas Pancasakti Tegal. Dra. Eleonora DW, M.Pd dan  Hj. Isnani, M.Si


No comments:

Post a Comment