ABSTRAK
Kata Kunci : Keefektifan, Model
Treffinger, Motivasi, Prestasi Belajar
Matematika
Tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk membuktikan 1) Motivasi siswa saat menerima
pelajaran yang diajar menggunakan metode pembelajaran treffinger lebih efektif
dari pada siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional. 2)
Prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran treffinger
lebih efektif dari pada siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran
konvensional 3) Ada perbedaan motivasi dan prestasi belajar siswa yang diajar
menggunakan metode pembelajaran treffinger dengan siswa yang diajar menggunakan
metode pembelajaran. 4) Motivasi dan prestasi belajar siswa yang diajar
menggunakan metode pembelajaran treffinger lebih efektif dari pada siswa yang
diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional materi pokok segiempat pada
siswa SMP Populasi pada penelitian
ini adalah semua siswa kelas VII di SMP. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random
sampling, yakni dengan memilih dua kelas eksperimen dan dua kelas kontrol.
Variabel dalam penelitian ini adalah motivasi dan prestasi belajar matematika
sebagai akibat dari pembelajaran dengan dan tanpa menggunakan model Treffinger.
Pengambilan data dengan angket, dan metode tes. Dan pengolahan data menggunakan
uji t satu pihak kanan dan manova-one way, Hotteling dimana sebelumnya dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu
normalitas dan homogenitas
Hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa 1) Metode
pembelajaran treffinger efektif meningkatkan motivasi siswa saat menerima
pelajaran materi pokok segiempat. 2) Metode pembelajaran treffinger efektif meningkatkan
prestasi siswa saat menerima pelajaran materi pokok segiempat 3) Ada perbedaan
motivasi dan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran
treffinger dengan siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran
konvensional 4) Motivasi dan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan
metode pembelajaran treffinger lebih efektif dari pada siswa yang diajar
menggunakan metode pembelajaran konvensional untuk materi pokok segiempat pada
siswa kelas VII SMP.
Sumber :
NURYANTI, EVI. “Keefektifan Model Pembelajaran Model
Treffinger Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian
Siswa Pada Materi Pokok Segiempat Kelas VII SMP Negeri 1 Pagerbarang Kabupaten
Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pengetahuan. Universitas Pancasakti Tegal. Dra. Eleonora DW,
M.Pd dan Hj. Isnani, M.Si
No comments:
Post a Comment